Presiden Cina Hu Jintao Menjanjikan Peningkatan Impor


Information - Presiden Cina Hu Jintao menjanjikan peningkatan impor dalam upaya raksasa ekonomi kedua dunia itu untuk mendorong naiknya perdagangan global.
Janji ini diucapkan Presiden Hu dalam peringatan sepuluh tahun masuknya Cina dalam Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Menurutnya dalam lima tahun mendatang impor ke Cina akan melebihi US$8 triliun (sekitar Rp72.360 triliun ).
Pada tahun lalu Cina hanya mendatangkan barang dan jasa senilai US$1,39 triliun (setara Rp12.566 triliun) dari luar negeri. Menurut data Departemen Bea Cukai setempat nilai ekspor dari negara itu naik 14% bulan November lalu, sementara impor juga naik 22%.
Lonjakan pertumbuhan ekonomi melambat mulai Oktober karena nilai perdagangan dengan Eropa, yang merupakan mitra dagang terbesar Cina, juga melemah.

Keseimbangan dagang

Dengan ekonomi yang makin lemah di benua Eropa dan Amerika, muncul tekanan lebih terhadap Cina, ekonomi terbesar kedua dunia, agar mendongkrak angka konsumsinya di dalam negeri.
Presiden Hu mengatakan dalam pidatonya Minggu (11/12) bahwa Beijing berupaya serius menyeimbangkan neraca perdagangannya agar lebih menguntungkan bagi seluruh negara di dunia.
"Kita akan mengarah pada ekspansi impor sebagai upaya yang penting untuk mengubah pembangunan yang dihasilkan dari perdagangan luar negeri," janjinya dalam pidato di Aula Besar Rakyat Cina.
"Kita akan bekerja keras mendorong terciptanya keseimbangan pembayaran internasional. Kita tidak akan dengan sengaja mengejar surplus perdagangan."
Surplus dagang Cina, selalu menjadi sumber ketegangan dengan para mitra dagangnya, mengecil menjadi US$14,5 miliar (Rp131 triliun) bulan lalu dari sebelumnya US$17 miliar (Rp 154 triliun) bulan Oktober.
sumber

0 komentar: