Pengangguran Adalah Kekhawatiran Terbesar Di Dunia Saat Ini


Information - Pengangguran adalah kekhawatiran terbesar di dunia saat ini simpul sebuah survey yang dilakukan oleh BBC World Service terhadap 11.000 orang di 23 negara.
Dalam jajak pendapat tahunan ini, dinamai The World Speaks (Dunia berbicara), ditulis sederet daftar hal yang meresahkan dan responden diminta membicarakan dengan keluarga dan teman apa yang paling mereka khawatirkan sepanjang bulan lalu.
Korupsi dan kemiskinan masih duduk di posisi kecemasan tertinggi, namun pengangguran disebut oleh 18% responden, enam kali lipat dari jumlah orang yang mengkhawatirkannya saat pertama kali masuk daftar pada survey pertama tahun 2009.
Jajak pendapat ini dilakukan oleh Globescan, dimana hasilnya menunjukkan kecemasan terhadap kehilangan pekerjaan dirasakan merata di berbagai negara yang menjadi lokasi survey, meski persoalan korupsi masih jadi isu yang paling banyak dibicarakan sebagai persoalan dunia.
Hampir seperempat responden menyatakan telah membicarakan soal pengangguran dalam bentuk apapun dalam sebulan terakhir.

Penganggur muda

Kekhawatiran terbesar berkutnya adalah kemiskinan ekstrim dimana satu dari lima responden mengaku membicarakan masalah ini baru-baru ini.
Hal terkait dengan inflasi, seperti harga bahan pokok dan BBM yang terus meroket, ada di peringkat ketiga, dan seperti juga masalah pengangguran soal kenaikan harga dibicarakan oleh 18% orang yang disurvey.
Pengangguran

Angka penganggur muda dunia meroket dan menumbuhkan kecemasan ganda dimana-mana.
Tetapi beda negara, nampaknya muncul perbedaan tingkat kekhawatiran pula meski sama-sama berkisar pada persoalan pengangguran.
Negeri paling atas yang mencemaskan isu pengangguran adalah Spanyol, dimana 54% responden mengatakan membicarakan persoalan ini baru-baru saja, naik dari sebelumnya sepertiga responden yang ditanyai di negara Eropa ini menurut jajak BBC yang sama tahun lalu.
Sementara berturut-turut Ghana, Meksiko, Nigeria dan Turki adalah negara-negara dimana topik ini menjadi bahan pembicaraan yang diwarnai kecemasan, dimana sepertiga atau lebih responden yang disurvey menyatakan membicarakan isu pengangguran sebulan terakhir.

Jenis isu

Namun jajak pendapat terakhir ini juga makin menyorot munculnya perbedaan antar negara dalam hal pandangan oang tentang isu yang mereka anggap penting.
Di AS, Prancis dan Jepang, semua negara yang dianggap makmur dan maju, situasi ekonomi dianggap sebagai bahan obrolan utama di seluruh negeri.

Barang bukti korupsi

Negara berkembang seperti Indonesia, masih lebih mencemaskan soal korupsi.
Sebaliknya, korupsi adalah tema paling banyak dibahas di Nigeria, India, Turki, Indonesia dan Peru. Semua negara ini masuk kategori berkembang, sebagian besar dengan reputasi transparansi pemerintah dan dunia usaha yang buruk.
Kelompok negara berkembang lain seperti Cina, Rusia, Kenya dan Filippina, menjadikan naiknya harga bahan pokok dan BBM menjadi bahan perbincangan utama.
Tetapi di negara-negara Amerika Latin, angka kriminalitas dan kekerasan muncul sebagai bahan kecemasan utama publik.
Bahkan Brazil, yang banyak diberitakan karena kerapnya terjadi bentrok berdarah di kawasan pemukiman kumuhnya, juga di Ekuador dan Meksiko, yang terkenal dengan sepak-terjang geng narkotikanya, persoalan kriminalitas dan kekerasan adalah bahan obrolan utama.
Analisis BBC juga menunjukkan jajak pendapat ini menunjukkan warga di negara maju kebanyakan lebih cemas pada persoalan yang berdampak jangka panjang, dampak yang lebih lama ketimbang persoalan perubahan iklim dibanding terhadap mereka yang tinggal di negara miskin dengan ekonomi berkembang.
Tetapi secara garis besar persoalan pemanasan global melorot posisinya dari deretan isu yang paling mencemaskan warga dunia yang paling banyak didiskusikan bulan lalu.
Padahal persoalan lingkungan dan iklim masuk daftar 10 isu paling banyak diobrolkan negara-negara dunia dalam survey tahun lalu, namun tahun ini isu tersebut hanya menjadi isu puncak di Jerman dan Inggris.sumber

0 komentar: